Metode Pendidikan di Finlandia
Selama ini dunia telah mengakui pendidikan di Finlandia merupakan pendidikan peringkat no 1 di dunia. Sebelum tahun 2001 sekolah-sekolah di Finlandia menerima kritikan-kritikan tajam dari berbagai universitas dan kelompok masyarakat. Mereka berpendapat sekolah-sekolah di Finlandia selama ini telah berperan dalam menurunya tingkat pengetahuan dan ketrampilan para siswa. Karena kritik-kritik inilah sekolah-sekolah di Finlandia mulai melakukan perubahan dalam hal metode pengajaran, berbagai peraturan, dll. Hampir 20 tahun sekolah-sekolah di Finlandia melakukan perubahan mulai mendapatkan hasil.
Bulan Desember 2001 OEDC (Organization for Economic Cooperation and Development/Organisasi Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi) memublikasikan hasil studi hasil internasional pertamanya, tentang kemampuan anak-anak berusia 15 tahun yang berhubungan dengan ketrampilan membaca, matematika, dan ilmiah). Di luar perkiraan, Finlandia menjadi peringkat 1 dari 31 negara.
Timothy D. Walker seorang guru yang mengajar di sebuah sekolah di Boston, Amerika Serikat menulis pengalaman ketika tahun pertama ia mengajar kepada para siswa kelas 5 Sekolah Dasar di Finlandia. Berbagai pengalaman Timothy. Ia bukukan dalam sebuah buku yang "TEACH LIKE FINLANDIA, Mengajar seperti Finlandia." Bagi seorang Timothy ada berbagai pengalaman dan teknik mengajar yang ia tidak pernah temukan semasa ia mengajar di Boston, Amerika Serikat. Hal-hal itu baru pertama Timothy temukan di Finlandia.
Aturan-aturan sederhana
Ada satu yang unik dalam peraturan pendidikan yang diterapkan oleh guru dan siswa di Finlandia, yaitu: Pada umumnya, aturan mengerucut pada 3 hal: hormati diri sendiri, hormati orang lain, dan hormati lingkungan. Ketiga aturan pokok ini diterapkan kepada setiap siswa. Seperti di kelas Timothy mengajar ketiga peraturan pokok tersebut dikembangkan di dalam Anchor charts (aturan pokok).
Tujuan dari anchort chart adalah membuat harapan-harapan kelas menjadi lebih jelas dari hari ke hari dengan menerangkan setiap tindakan siswa demi tercapainya tujuan tertentu, seperti mendengarkan dengan baik, atau, sesuai sasaran utama strategi ini, menjaga lingkungan belajar yang tenang.
Dalam budaya masyarakat Finlandia penghargaan terhadap kedamaian sangat mereka junjung, sebab ada beberapa kata yang menjelaskan tentang kedamaian, saunarauha (kedamaian di sauna), ruokarauha (kedamaian saat makan), dan joulurauha (kedamian Natal). Timothy menceritakan pengalamannya, saat mengikuti pertama kali perayaan hari kemerdekaan di Finlandia.
Berbeda dengan situasi perayaan peringatan hari kemerdekaan Amerika Serikat yang Timothy yang dirayakan dengan cara orang berkerumunan di sebuah tempat atau menyaksikan pesta kembang api. Sementara, perayaan hari kemerdekaan di Finlandia hanya dirayakan dengan menyalakan lilin dalam sepi di rumah-rumah Finlandia sambil mengenang para prajurit yang telah gugur di medan perang.
Pekerjaan rumah yang sedikit
Di Finlandia guru-guru sebenarnya bersikap wajar mengenai jumlah pekerjaan rumah yang mereka berikan untuk para siswa. Para guru di Finlandia tidak ingin membebani anak-anak dengan tambahan pekerjaan sekolah, karena para guru memahami pentingnya waktu luang para siswa.
Sekolah-sekolah di Finlandia mempunyai kebijakan sekolah tentant pekerjaan rumah. Seorang guru di Finlandia dapat memutuskan berapa banyak pekerjaan rumah yang sesuai atau layak diberikan kepada seorang siswa. Berdasarkan pengalaman Timothy, para pendidik di Finlandia sering memberikan pekerjaan rumah yang relatif sedikit yang dapat diselesaikan dalam jangka waktu beberapa hari. Tugas-tugas yang diberikan biasanya lebih muda, dalam arti para siswa dapat menyelesaikan tugas tersebut secara mandiri tanpa batuan orang lain.
Belajar di alam
Salah satu metode yang diterapkan oleh guru-guru di Finlandia adalah dengan cara belajar dari alam. Alasan para guru di Finlandia mengajak para siswanya belajar di alam, alam dapat sangat membantu anak belajar membangun kepercayaan diri mereka; mengurangi gejala ganguan hiperaktif akibat kurangnya perhatian, menenangkan anak, serta membantu membantu mereka untuk fokus.
Dengan belajar di alam secara tidak langsung dapat mengurangi bullying antara siswa. Alam juga dapat menjadi penangkal obesitas dan kelebihan berat pada anak, serta memberi manfaat psikologis dan kesehatan fisik lain.
Timothy mendapatkan sebuah refrensi dari penelitian Louv, dalam penelitian ini ia menceritakan tentang dengan belajar dari alam dapat meningkatkan fungsi kognitif. Selama bertahun-tahun diyakini terkait erat dengan pembelajaran berbasis lingkungan.
Contoh, di Massachusetts banyak para peneliti meneliti 900 sekolah dasar negeri) hubungan antara kehijauan sekolah di masa musim semi dan prestasi para siswa. Hasil yang didapat sangat mengagumkan prestasi para siswa sangat meningkat dibandingkan pada musim lainnya. Peneliti Louv menyarankan taman kanak-kanak yang berbentuk hutan dapat membantu para siswa untuk meningkatkan prestasi di sekolah.
Terinspirasi penelitian Louv untuk mengajar anak melalui alam. Timothy mengajak para siswa kelas 5 untuk menanam kentang di beberapa titik di ruang kelas saat membahas metode ilmiah, memelihara kecebong ketika mempelajari siklus hidup katak, dan mempelajari tentang keadaan air kolam dengan langsung mengambil air kolam dari tampungan air terdekat. Dengan menggunakan metode belajar langsung dari alam, anak-anak senang dan merasa tidak terbebani dengan tugas yang diberikan oleh guru kepada mereka. Selain belajar. Para siswa juga bisa sekalian berpetualang di alam.
Itulah beberapa hal yang Timothy D. Walker temukan selama ia mengajar di Finlandia. Hal-hal itu sangat bagus dicontoh oleh sekolah-sekolah di Indonesia. Tidak bisa dipungkiri sekolah-sekolah di Indonesia masih menggunakan metode ceramah dalam mengajar. Akibat menggunakan metode ini banyak para siswa yang bosan dan mengantuk dalam kelas.
Izin promo ya min^^
ReplyDeleteKalah melulu main di tempat lain? Daftar disini saja Upd4te Bett1ng
Join yuk di win323 hanya Deposit & Withdraw Rp.25.000 Bosku.
ReplyDeleteBonus Bonus Super Heboh yang bisa anda dapatkan setiap hari nya!!
~ Bonus New Member : 20%
~ Bonus Next Deposit : 5%
~ Bonus Cash Back : 5%
Tunggu apalagi jadilah pemenang di setiap taruhan yg Bosku lakukan.
Contact Person WIN323 :
WA : +855 7863 3430
WA : +855 7863 3425
Line: Official.win323
Join yuk di OPPO POKER hanya Deposit & Withdraw Rp.15.000 Bosku.
ReplyDeleteBonus Bonus Super Heboh yang bisa anda dapatkan.
- Bonus Next Deposit 5%
- Bonus Rollingan 0.3% - 0.5%
- Bonus Referral 10% dan BERLAKU SEUMUR HIDUP!
Tunggu apalagi jadilah pemenang di setiap taruhan yg Bosku lakukan.
Contact Person OPPO POKER :
- BBM : 55A40723
- WA : +6287843026179
- Fanspage Facebook : Oppopoker.vip Situs
Poker Terpercaya di Indonesiabob
- Group Facebook : OPPOPOKER.VIP
AGEN POKER ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA